Arsip Kategori: Penyakit

Cacar Air

Pernah ngerasain yang namanya cacar air ini?  Biasanya terjadi pada anak usia sekolah , ga nutup kemungkinan juga sama orang tuwir yang sudah dewasa kayak gw. Lanjutkan membaca Cacar Air

Iklan

Berserah diri bukan pasrah

Siapa sih yang ga takut dengan kanker? Gw takut banget..  mungkin semua manusia kalo bisa memilih n bilang sama Tuhan nya pasti bicara “Tuhan, tolong jangan beri kami penyakit ganas yang mematikan itu”. Ah, seandainya itu bisaaa…

Sering kali telinga gw mendengar, oh, kanker payudara, oh, kanker serviks, oh, kanker paru.. dan ooooooh yang banyak lagi yang seakan-akan klo kanker itu sudah menjadi penyakit yang sangat biasa terjadi dalam kehidupan. Kayak flu yang gampang sembuh. Tapi ini kan kanker.. Kamu tahu kanker itu apa????

Gw punya gen kanker.. mudah-mudahan tidak mengganas. Tidak di gw, adik gw, maupun keturunan-keturunan gw nanti nya. Ga tahan bow dengan penderitaan nya.. Gw melihat dengan langsung n terekam jelas di kepala gw’ bagaimana sakit nya almh nyokap kala itu. Bagaimana temen2 gw juga menjadi piatu karena sang ibu mengidap kanker.

Ada yang pasrah.. seakan-akan ya memang hidupnya sebentar lagi akan berakhir. Menyesali diri, n makin terpuruk dari lingkungan nya. Ada juga yang makin show up.. menunjukan pada dunia klo kanker itu ga ada apa-apanya.

Sekarang, zaman semakin modern, tekhnologi canggih, penemuan-penemuan yang insya Allah segera membuat obat seluruh kanker seperti obat flu. Ketauan sakit minum obat trus sembuh. Amien..  Ga hanya yang rasional cara berobat nya.. tapi banyak juga yang agak irrasional. Intinya sekarang makin banyak cara yang bisa dilakukan untuk membunuh sel yang ganas itu.

Lebih baik menjaga dari pada mengobati ( bener ga sih kata2nya?) Coba pilih, mending keluar uang banyak untuk beli obat tapi badannya tetap terbaring lemah atau keluar uang banyak untuk beli nutrisi n vitamin2  biar badan tetep sehat wal afiat?

Setiap makhluk hidup yang bernyawa di muka bumi ini pasti akan mati. Ga tau bagaimana caranya’ itu cuma urusan Allah SWT. Kanker mungkin cuma sebuah pertanda, agar si penderita makin mendekatkan diri padanya, berserah diri, memperbanyak amal. Bukan malah terpuruk.

Bangkit yuk teman, siapapun kamu, semua pasti ada jalannya.. toh Tuhan ga akan pernah memberikan cobaan yang tiada akhir.

KANKER, Definisi

Kanker (bahasa Inggris: malignant neoplasm) adalah sekelompok penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:

Kelainan siklus sel, antara lain terjadi saat perpindahan:

  • fasa G1 menuju fasa S.[1]

Pada umumnya, sel kanker membentuk sebuah tumor, tetapi seperti leukimia, tidak.

Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa buah mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker. Mutasi-mutasi tersebut sering diakibatkan agen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. Mutasi dapat terjadi secara spontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi germline). Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasinya dan karakter dari keganasan dan apakah ada metastasis. Sebuah diagnosis yang menentukan biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Bila tak terawat, kebanyakan kanker menyebabkan kematian; kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok tembakau dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya.

Tumor (bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa “ganas” (bersifat kanker) atau “jinak” (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain. (Wikipedia)