Arsip Kategori: Diary

Kartu ATM Di Duplikat Dengan Teknik Skimming

Kamis 25 Mei 2017 kemarin merupakan hari yang naas buat saya.  Karena apa?  Ketika saya mau ambil uang di mesin ATM Panin, ada keterangan  “kartu ATM anda tidak dapat digunakan”. Bingung? pasti. Saat itu saya masih berpikir, kalau mesin ATM Panin nya rusak, jadi saya bergeser lah ke mesin ATM di sebelahnya, ATM BNI, dan malah muncul keterangan “Penyalahgunaan kartu ATM”. Mulai agak panik, coba lagi bergeser ke mesin ATM di sampingnya, ATM Mandiri, muncul keterangan yang sama dengan di mesin ATM Panin.

Jadi FIX, bukan karena salah mesin ATM nya tetapi kartu ATM saya yang bermasalah. Tapi saya masih belom mudeng dengan apa yang terjadi. Pulanglah saya dengan tangan kosong, ga bisa belanja buat kebutuhan puasa esok. T_T

Besoknya Jum’at pergilah saya ke mesin ATM BCA di Indomaret Ujung Harapan. Disini malah bikin lebih shock, karena muncul keterangan “Penyalahgunaan kartu, Kartu ATM anda ditahan”  dan ditelenlah kartu ATM saya sama mesin tersebut lalu keluar kertas struk yang isinya nomer kartu yang tertelan. T_T     T_T

Dan barulah berpikir keras, ada apa gerangan? kartu ATM selalu berada di dompet saya, PIN pun tak pernah dirubah, kalau kartu sampai ditelan, berarti saya salah masukin PIN.

Mulailah ngobrol-ngobrol dengan google berjalan saya. Suami. Dia bilang kartu ATM Panin di duplikat orang. Berhubung kartu ATM tersebut, merupakan milik suami yang berarti hanya untuk menerima gaji, dan langsung dikuras meninggalkan saldo minimum. saya selalu inget kapan dan dimana saya menguras isi kartu ATM tersebut.

Terakhir kali saya bertransaksi  di ATM BCA Superindo Marakash. Berarti dari sanalah awal mula permasalahan berasal. Mesin ATM BCA yang ada disana, sudah diotak-atik orang tak bertanggung jawab, yang kalau saya cari di google,  dengan dipasang alat yang namanya skimmer. Dilihat pun sebenarnya tidak ada yang aneh dengan mesin tersebut. Mirip sekali dengan mesin  ATM normal. Dan ketika bertransaksi itu pun tidak ada yang aneh. Berjalan seperti biasanya dengan meninggalkan saldo minimum.

Saya pun kebetulan selalu mengecek dengan internet banking, Jadi sampai kemaren pun belom ada yang aneh, selain kartu ATM tidak bisa dipakai karena PIN nya sudah diganti dan mungkin kartunya pun sudah di duplikat orang.

JADI APA sih SKIMMER itu?

Seperti gambar diatas, skimmer tersebut dipasang ditempat kita akan memasukan kartu ke mesin ATM.  Terlihat sama kan? karena bentuknya serupa dengan bagian mesin ATM tersebut.

Cara kerjanya dengan mengcopy data kartu.

Sewaktu kita hendak menggunakan ATM dan mulai memasukkan kartu, saat itulah skimmer bekerja. Alat tersebut bisa membaca data yang tersimpan pada kartu melalui magnetic stripe, kemudian menyalin, dan lalu menyimpannya. Cara kerjanya sama dengan CD writer pada komputer. Bagi yang belum tau, magnetic stripe adalah pita hitam yang terdapat di bagian belakang kartu Anda.

Nah, setelah mengumpulkan beberapa salinan data, proses cara membobol ATM selanjutnya adalah penjahat datang kembali untuk mengambil skimmer dan mulai menggandakan kartu. Tahap ini dilakukan manual. Namun, tergantung skimmer-nya juga. Ada yang canggih dan bisa mengirimkan data secara otomatis melalui SMS. Sekadar informasi saja, harga skimmer mulai dari US$ 500 dan diperjual-belikan di pasar gelap yang hanya diketahui orang-orang terbatas.

lalu bagaimana cara mendapatkan PIN nya?

Menurut google ada 3 cara untuk mendapatkan PIN kartu

  • Memasang kamera pengintai. Ukuran kameranya jauh lebih kecil dari CCTV. Dipasang di tempat yang sekiranya bisa merekam gerakan jari saat Anda mengetik PIN.
  • Memasang papan tombol palsu. Bentuknya sangat mirip dengan yang asli. Dipasang di atas papan ketik yang asli. Sehingga, saat Anda mengetik PIN, papan tersebut mencatat/merekam.
  • Skimmer yang canggih. Masih ada hubungannya dengan di atas. Skimmer yang canggih tidak hanya bisa meng-copy data, tapi juga sekaligus menyimpan PIN yang kita masukkan.

Weleh.. weleh.. hebat yaa…

Terus bagaimana cara agar terhindar dari aksi skimming ini?

  1. Sebelum menggunakan ATM, amati mesin terlebih dahulu. Tidak hanya bagian lubang tempat kartu dan papan ketik saja, kalau ada bagian-bagian lain yang mencurigakan atau terlihat rusak, lebih baik jangan pakai. Tinggalkan dan cari ATM lain.
  2. Meskipun harus mewaspadai kamera pengintai, tetapi kita sebaiknya pakai ATM yang tedapat kamera CCTV.
  3. Pilihlah ATM yang lokasinya ramai (di depan bank dan beberapa tempat yang ada satpam). Jangan yang di tempat sepi.
  4.  Saat meng-input PIN, tutupi tangan menggunakan tangan satunya. Bisa juga dengan badan mendekat dan punggung membungkuk.
  5. Bila menemukan masalah saat menggunakan ATM (kartu tertelan, dll.), jangan mudah menerima bantuan dari orang tidak dikenal. Lebih baik telepon nomor call center resmi bank terkait.
  6. Aktifkan SMS banking dan cek saldo secara berkala. Jika terjadi pengurangan saldo yang bukan dari transaksi Anda, segera laporkan pihak bank.
  7. Gantilah PIN secara berkala.

Alhamdulillah, saat ini selamat dari kejahatan skimmer ini, dikarenakan saldo yang minimum, hehehe, jadi pada saat si penjahat sudah membuat duplikat dan mengganti PIN, tidak ada yang bisa mereka ambil. Tapi biasanya mereka juga suka coba-coba cek saldo. jadi kalau melihat ATM nya sudah terisi dana, bisa mereka langsung ambil.

Oiya, ada juga yang hanya menduplikat kartu ATM nya saja tanpa mengganti PIN, jadi kalau kamu merasa saldomu berkurang, sedangkan kamu tidak merasa mengambilnya, sebaiknya segera lapor ke Bank, dan minta buat kartu ATM baru.

so’ always be carefull ^_^

Oriflame Bisnis untuk Pria?

Kebetulan banget tadi sore denger omongan suami dengan anaknya, cowo, tentang Oriflame, agak adu debat mereka, mempertahankan pendapat masing-masing.

Anaknya berargumen, ngapain juga dia harus ikutan oriflame, secara dia laki-laki, masih sekolah juga, kalau harus fokus di Oriflame jadi kegiatan yang sia-sia, bikin rugi dan dia pikir, mendingan sekolah belajar yang bener, lulus nanti kuliah, lalu kerja, lakukan hal yang udah pasti aja.

Sementara suamiku bilang, apanya yang jadi sia-sia, sekarang kamu nol, kalau kamu sudah mencoba lalu gagal, ya kamu nol juga, draw, nol=nol, lalu klo kamu mencoba trus berhasil, nol=satu, kamu ada kesempatan satu tahun lagi di SMA, belajar ya belajar, Oriflame ini kayak kamu baca komik aja, tunjukin ke temen-temen, dan saudara, kalau ada yang pesan, catet kodenya lalu order via website, ada selisih penjualan 23% buat kamu, biar bisa di tabung, buat kuliah nanti. Kamu mau dikuliahin tante mu di Malang, kebutuhan mahasiswa itu banyak, makan, bikin tugas ini, itu, belom ngumpul sama temen2 mu, butuh duit, lalu kalau kamu kehabisan jatah bulanan mu, kamu telpon bapak, minta transfer, bapak lagi bokek, kamu minta tante mu lagi ga ada duit juga, who knows, trus klo kayak gitu kamu mau ngapain? puasa? mati di kosan?

Oriflame itu bukan hanya tentang jualan, tapi juga belajar tentang hidup, tentang ngelobi orang, bagaimana caranya kamu menghadapi penolakan, bagaimana caranya kamu belajar membuat sesuatu menjadi goal, yang ga mungkin menjadi mungkin. Kamu pikir jadi pengacara itu cuma duduk-duduk manis, pengacara itu melobi orang, ya kawan ya lawan, hidup itu mesti berani ambil peluang.

Panjang kan?

Kebetulan, setelah baca kisah para pendahulu yang sudah sukses.. nemu real story ini..  sebenernya ini belom izin sih, tapi gapapa lah.. semoga termotivasi bagi para pria.

img1416024279042

Yang laki ini namanya Praja. Laki tulen loh.. Dia memang bukan rekrutan aku langsung tapi ketika dia dikenalin ke aku, aku bantu membimbingnya. Praja adalah seorang mahasiswa asal Medan yang melanjutkan kuliahnya di Bandung. Praja anak bungsu dan kedua orang tuanya sudah wafat.

Waktu itu Praja alergi sebenernya denger kata MLM. Jadi yang aku jelaskan kepada dia adalah bahwa boleh aja kok jualan Oriflame, kan dapet keuntungan langsung. Ehh gayung bersambut, ternyata dia jualan Oriflame dengan giat katanya lumayan untuk nambahin bayar kos-kosan. Beberapa hadiah kecil sudah dia dapatkan, sampai suatu ketika Praja aku undang ke sebuah acara Oriflame di Hotel Grand Serella.. Dan moment inilah yang akhirnya berhasil membuka mindsetnya bahwa Oriflame bukan MLM biasa.

Sejak pulang dari acara itu Praja merapat terus ke aku. Minta ajarin gimana caranya dapet 5 juta perbulan, dapet liburan gratis, dapet mobil gratis. Pelan2 proses pun dimulai. Dari yang benci terhadap MLM, skarang malah tekun banget belajar.

Aku dampingi dia untuk merekrut. Aku ajari dia bersahabat dengan penolakan. Aku motivasi dan yakinkan kalau dia pasti bisa mewujudkan impian besarnya yaitu beli Mobil Jazz terbaru warna biru. Yaaa aku memang hafal dengan impian donlen2ku. Supaya mereka tau untuk apa mereka bekerja dan untuk siapa kerja kerasnya ini.

Prosesnya bukan hal yang mudah tetapi layak untuk diperjuangkan. Coba deh lumayan banget gaa seorang anak muda laki2 baru lulus kuliah punya penghasilan 10jutaan/bulan plus 2 Cash Award yang udah meluncur manis ke rekeningnya 7juta + 14juta. Trusss Praja juga dapet 1 tiket umroh gratis karena berhasil memenangkan challenge Oriflame. Dan diberikan untuk kakaknya yang katanya tadinya ga setuju dengan Praja ikut Oriflame. Luar biasa yaaa ternyata bukan hanya Praja yang menikmati hasil jerih payahnya tetapi keluarga terdekat pun mulai merasakan hasilnya.