Kerja VS Usaha

auwouwoooooo… aa uu ooooo

pagi ini ponsel gw berdering. berharap-harap cemas moga2 aja calon prospek gw ngabarin “jeung.. saya jadi pesen genteng nya yaa” heu heu.. berharap, dan akan terwujud, secepatnya coz yg SMS ternyata bukan sang prospek, tapi adik kandung gw satu2 nya🙂 isinya :

“mba, cariin gw kerja dong, bosen di rumah terus”

wew.. sebenernya, kalimat “cariin gw kerja” itu sekarang NGGA banget dikuping gw. kenapa sih doi ga buka usaha aja? daan ini lah cuplikan obrolan gw via sms.

“buka usaha aja sono.. apa kek”

“ga ada modalnya”

“ya elah.. emang usaha apa yg lo mo buka? jualan sosis bakar aja dulu, ngelatih mental”

“disini sepi, lagian ribet ah, enakan kerja”

“lu aja sakit2an, ngeluh mulu!”

“ye.. waktu gw kerja di bekasi dulu kan emang ga enak”

“yang namanya kerja dibawah orang mana ada yg enak? disuruh2, waktu lo abis seharian, hasil ga seberapa”

“udah, buka aja sosis dulu.. kan deket SD tuh.. lumayan buat pemula.”

“ga ah, mo kerja aja, mo ngelamar ke matahari lagi”

urgh.. ga gw bales lagi tuh sms.

orang yang buka usaha, emang butuh yang namanya PASSION, SEMANGAT, untuk membuka juga mengelola usaha nya. Keliatannya sih gampang, tapi padahal susahnya bukan main, pasti ada kerikil nya, dan pasti juga bakal ngalamin yang namanya kesandung, apalagi untuk usaha yang baru buka.

Kayak yg gw kasih contoh ke adik gw tercintah itu.. buka usaha sosis bakar yang paling gampang n modal sama resiko nya kecil. Kompor gas, punya. Grill, punya. Tabung gas, pinjem aja sama nyokap. Tinggal beli sosis, mentega, saus, kecap, bumbu2, plastik, tusukan sate, gas. Paling enak ya gelar dagangan didepan sekolah SD. Di jamin laris manis. permisi2 aja sama tukang dagang disitu, bagi tempat dikit. Untungnya pun lumayan. hampir 80%.

Yaaaa.. tapi gimana, emang mentalnya belom jadi pengusaha. padahal ortu nya dah pengusaha kecil. Emang awal mula ngejalanin pasti berat, belom rasa gengsinya itu seabrek-abrek, tapi apa ga seneng, dapet duit sendiri, kerja cuma 1-3jam tapi dapet penghasilan 10-50rb ? sehari ada 24 jam, sisa waktu segitu bisa di pake buat hal2 berguna lainnya.

argh.. namanya juga masih gadis, belom ada rasa apa ya namanya.. tanggung jawab mungkin? daripada doi ngelamar kerja buat jaga toko, waktu habis seharian, dapet gajinya ga seberapa, cuma abis sama ongkos aja, mending usaha itu deh.

Buat batu loncatan biar dapet gawean yang lebih? bisa aja, pindah ke toko lebih besar maksudnya? bisa aja, asal doi kuliah lagi, biar gelarnya lebih lagi, biar kesempatannya makin terbuka luas lagi.

Tapi, daripada nungguin toko orang, apa ga kepengen buka toko sendiri? dengan keuntungan yang lebih besar lagi, lo bisa bikin lapangan pekerjaan.

Apa ga kepengen kayak @farcee yang masih pake seragam abu-abu tapi penghasilannya dah milyaran?

Ah.. kamyu.. daripada nungguin lamaran nya diterima apa ngga, mending lakonin aja dulu.. itung-itung ngumpulin uang saku biar nanti pas kerja ga usah minta lagi sama ortu. Dari pada sekarang, dirumah, cuma tiduran, ngabisin pulsa, tapi tidak menghasilkan.

di dedikasikan 4 my sister🙂

Tinggalkan Balasan

