Maling Dapet Zakat?

Semalem ada pengumuman pembayaran zakat di masjid. Dan terjadilah obrolan seperti ini

Erik :  “zakat apa si bu?”

gw jawab.. “kita ngluarin uang buat fakir miskin”

Erik : “buat maling?”

Gw : “ya  ga  lah.. ngapain maling dapet zakat? dia kan jahat harus masuk penjara, kantor polisi”

Erik : “lah kata ibu maling miskin’ makanya dia nyuri, jd kasi zakat aja biar g maling!”

gw : ?????? hah????

Erik : “kan maling ga punya duit, ya kita kasi duit aja, biar dia kerja”

Gw : ohhh… klo itu namanya bukan zakat sayang..

dll

Wew… anak sekarang,  lebih kritis yaaa..  Gw sendiri da mulai kelabakan menjawab pertanyaan2 nya. Ga boleh jawab sembarangan, atau asal,  apalagi bilang ga tau. Itu lebih fatal dari pada jawab ngasal bin suka-suka gw. bisa-bisa gw bakal dibilang stupid bin bodoh sama anak gw sendiri. Ga boleh ngasal karena dia bakalan inget sepanjang masa..

Dulu pernah dia nanya apa gitu’ gw lupa konteks dialognya. gw jawabnya asal. yang penting kejawablah. Eh setahun kemudian ada pembicaraan seperti itu lagi.. dan dia masih inget omongan gw. blabalabla.. Gw bilang ke dia “apa sih bang, jangan konyol deh” eh malah di skakmat.. ” itu kan mbu yang bilang, abang nanya, kata ibu begitu”

heeeeehhheeheheheheh… jadi malu!!! ><

Tinggalkan Balasan

